SENTANI- Layanan Pre-Hospital sangat diperlukan dalam menunjang pembangunan kesehatan pada saat ini. Mengacu pada Instruksi Presiden Nomor 4 tahun 2013 tentang Program Dekade Aksi Keselamatan Jalan disebutkan bahwa setiap Kabupaten/Kota harus membentuk Public Safety Center (PSC). Dalam melaksanakan tugasnya, PSC 119 akan menjadi jejaring National Command Center (NCC) 119 yang berada di Jakarta. Selain itu, tingginya angka kasus kecelakaan lalu lintas dan penyakit emergensi (misalnya stroke dan penyakit kardiovaskuler), memerlukan terobosan layanan kesehatan yang bersifat cepat dan berkualitas. Untuk itu dibutuhkan juga strategi peningkatan akses layanan kesehatan melalui optimalisasi sistem rujukan salah satunya melalui Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT).

PSC 119 Hasale Hokhosobo di Kabupaten Jayapura telah beroperasi sejak tahun 2016 dan diresmikan pada saat Rapat Kerja Kesehatan Kabupaten Jayapura oleh Bupati Jayapura. Tahun 2018 melalui Peraturan Bupati No.27 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, PSC 119 diperkuat peran dan fungsinya. Dalam penguatan sistem jejaring dengan NCC 119 Kemenkes, Dinas Kesehatan kabupaten Jayapura bekerjasama dengan Telkom membangun sistem komunikasinya yang dalam dua tahun belakangan tertunda akibat beberapa kali kerusakan sistem jaringan internet di Jayapura-Sarmi.

Pada laporan terakhir PSC 119 kabupaten Jayapura, 147 pasien telah ditolong oleh tim ini sejak Januari – Oktober 2018. Antara lain kasus Kegawatdaruratan Obestetri dan Gyanaecolgy, Kasus Rujukan penyakit Menular dan Tidak Menular serta Rujukan kasus kecelakaan lalu lintas. Tercatat 73 pasien dirujuk berasal dari puskesmas, 32 pasien dijemput dirumah setelah menguhubungi markas PSC 119, dan juga menolong pasien yang mengalami kecelakaan dijalan. PSC 119 Kabupaten jayapura juga menolong masyarakat dari luar kabupaten jayapura, yaitu tercatat 10 pasien. Selain itu, tim PSC 119 menjadi bagian dari tim kesehatan dalam rangkaian kegiatan-kegiatan resmi Pemerintah Kabupaten Jayapura dan kegiatan masyarakat lainnya dalam mengamankan pelaksanaan kegiatan dari sisi layanan medis.

Diharapkan kedepan, layanan PSC 119 Hasale Hokhosobo dapat terus diperkuat dari sisi fasilitas serta SDM kesehatan termasuk menjadi sebuah sub sistem layanan pre-hospital yang dapat diandalkan untuk menolong masyarakat mendapat pelayanan kesehatan kegawatdaruratan dengan baik.

Penyampainan Laporan Kinerja PSC 119 Per Oktober 2018
Follow and Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *