Oktober 18, 2024

Dokter Spesialis Bertemu Masyarakat di Distrik Airu

0

Airu- Hal tersebut menjadi satu kebahagiaan bagi masyarakat yang sedang berobat di UPTD Puskesmas Airu pada tanggal 10 Oktober 2024. Adalah dr. Marito Logor. Sp.A (K) dan dr. Hairunissa, Sp.OG bersama dengan Ibu Delila Mehue, S.ST, M.Kes selaku Kabid Kesehatan Masyarakat serta Ibu Delila Rumayom sebagai Koordinator Program KIA, melaksanakan kunjungan ke Puskesmas Airu guna memberikan berbagai program kepada masyarakat disana.
Berangkat pada hari Rabu Malam dan tiba di Kampung Hulu atas pada pukul 06.00 tidak menyurutkan semangat untuk langsung melayani masyarakat di Distrik Airu.
Pada hari tersebut, dr. Marito melakukan beberapa kegiatan antara lain :
1. Memeriksa Status kesehatan balita stunting yang terdapat di Distrik Airu terutama di Kampung Hulu Atas.
2.Menelusuri sebab stunting melalui wawancara dengan kedua orangtua balita dan petugas kesehatan yang menangani balita stunting tersebut.
3.Mengajarkan kepada dokter dan Tenaga Paramedis Puskesmas Airu serta Puskesmas Pagai cara melakukan Penilaian Tumbuh Kembang Balita dengan Panduan Buku KIA dan Form KPSP.
4.Memberikan stimulasi kepada balita tersebut sambil mengajarkan orangtua balita untuk melakukannya secara berkelanjutan di rumah.
5.Melakukan tanya jawab dengan dokter, bidan, perawat dan petugas gizi puskesmas Airu dan Puskesmas Pagai seputar berbagai kasus yang sedianya sedang ditangani sebagai saran konsultan.
6.Memberikan saran dan masukan kepada seluruh petugas agar melaksanakan tugas sesuai prosedur dan ketetapan.

dokter anak sedang memberikan bimbingan kepada petugas airu dan pagai


Dalam kunjungan tersebut, terdapat pasien anak-anak yang mengalami kasus penyakit yang memang perlu penanganan khusus dan lewat kunjungan tersebut langsung ditangani bersama melalui penanganan spesialistik
Di lain pihak, dr. Hairunissa pun melaksanakan beberapa kegiatan antara lain :
1.Mengajarkan cara memasang Perangkat USG yang telah tersedia di Puskesmas Airu dan Puskesmas Pagai.
2.Melakukan pemeriksaan ibu hamil dengan USG
3.Memberikan kesempatan dan memandu dokter Puskesmas Airu dan dokter puskesmas Pagai dalam melakukan pemeriksaan ibu jamil menggunakan alat USG.
4.Memberikan arahan cara merawat dan menyimpan alat USG sehingga dapat bermanfaat dalam berbagai pelayanan kesehatan ibu di daerah sangat terpencil tersebut.

dr. hairunissa Sp.OG sedang membimbing Dokter Pagai menggunakan Alat USG


Program kunjungan dokter spesialis anak dan dokter spesialis kandungan di berbagai distrik merupakan kegiatan rutin tahunan yang disediakan Pemerintah daerah guna mendekatkan layanan spesialistik kepada masyarakat sekaligus memberikan manfaat bimbingan teknis kepada petugas kesehatan dalam memberikan pelayanan yang lebih berkualitas lagi sehingga kasus-kasus sulit pun dapat ditangani di puskesmas dengan sumber daya yang ada.
Program ini pada tahun 2024 akan dilaksanakan di seluruh distrik pada Kabupaten Jayapura.

memberikan layanan kepada salah satu pasien anak di puskesmas airu
Follow and Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *