Sinkronisasi Pembangunan Kesehatan melalui Rapat Kerja yang Berkualitas

Pada hari Rabu Tanggal 14 Maret 2018 , Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura  mengadakan  Rapat Kerja Kesehatan  (Rakerkes) di Sentani. Kegiatan diselenggarakan mulai 14 Maret 2018 s.d 15 Maret 2018 dengan Peserta adalah Puskesmas se-Kabupaten Jayapura, RSUD Yowari dan ASN DInas Kesehatan Kabupaten Jayapura

Tahun ini Rakerkesda mengusung tema “Penguatan Pelayanan Kesehatan Dasar Menuju Jayapura Berkualitas”. Pertemuan ini bertujuan meningkatkan koordinasi dan sinergisme antara Dinas Kesehatan, RSUD Yowari dan Puskesmas dalam rangka percepatan pelaksanaan pembangunan kesehatan melalui pelaksanaan SPM Kesehatan tahun 2018, sehingga mewujudkan masyarakat yang sehat  dan berkeadilan. Selain itu, pertemuan ini juga untuk memperkuat arah kebijakan, anggaran serta proses pelaksanaan kegiatan yang dianggarkan tahun 2018.

Kegiatan dibagi atas 3 bagian besar yaitu :

  1. Pembukaan, yaitu acara advokasi program/kegiatan serta pembiayaan pembangunan kesehatan, dan seremonial pemberian Apresiasi kepada Puskesmas dengan Kinerja terbaik tahun 2017.

  2. Materi-Materi dari narasumber yaitu Materi penguatan pelaksanaan program/kegiatan untuk tahun 2018 dimana Kementrian Kesehatan menekankan pada Eliminasi TB, intervensi Stunting dan Penguatan Mutu Imunisasi. Selain itu diperoleh juga materi tentang Usia harapan Hidup, yang adalah indikator utama kinerja kesehatan di kabupaten Jayapura, oleh Kepala BPS Kabupaten Jayapura agar setiap pelaksana pembangunan kesehatan memahami definisi operasional serta kebijakan yang ada didalamnya.

  3. Sinkronisasi Dokumen anggaran antara DInas Kesehatan dan Puskesmas serta RSUD Yowari. Dalam hal ini setiap kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun 2018 disampaikan oleh pejabat eselon III dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura serta ditanggapi oleh Puskesmas dan RSUD Yowari untuk memperkuat proses pelaksanaannya di masyarakat. Arah pembangunan diselaraskan dari setiap sumber daya kesehatan yang ada. Kepala Puskesmas juga akan mempresentasikan jenis kegiatan yang akan dilakukan pada tahun 2018.Pada akhir acara nanti, diharapkan akan terbentuk rumusan rekomendasi kebijakan perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan kesehatan, peningkatan peranan Kabupaten dalam pembangunan kesehatan, terwujudnya kesepakatan dan pemahaman tentang penyelenggaraan prioritas pembangunan di bidang kesehatan.

Follow and Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *