SENTANI – Puskesmas Sentani meraih Puskesmas dengan Kinerja terbaik tahun 2017. Hal ini disampaikan pada saat Rapat Kerja Kesehatan Kabupaten Jayapura tahun 2018 di Sentani beberapa waktu lalu. Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura dengan No. 440/408/2018 tentang Hasil Penilaian Kinerja Puskesmas Kabupaten Jayapura tahun 2018, menetapkan Puskesmas Sentani dengan Kinerja terbaik tahun 2017 dengan Nilai 2822.

Menggunakan Instrumen yang ditetapkan oleh Kementrian Kesehatan RI dengan menilai beberapa indikator kinerja kesehatan antara lain Manajemen Puskesmas, Upaya Kesehatan yang dilakukan baik UKP dan UKM, Upaya Kesehatan Pengembangan/Inovasi yang dilakukan serta Hasil Cakupan Indikator Kesehatan yang diperoleh tahun 2017.

Berdasarkan Permenkes No. 44 tahun 2016 tentang Manajemen Puskesmas dikatakan bahwa Puskesmas wajib melaksanakan upaya manajemen kesehatan melalui penyusunan rencana kerja puskesmas, diikuti penggerakkan atau pelaksanaan rencana kerja yang telah ditetapkan, kemudian melakukan pengawasan dan pengendalian diikuti dengan upaya-upaya perbaikan dan peningkatan (Corrective Action) dan diakhiri dengan pelaksanaan penilaian hasil kegiatan melalui penilaian kinerja Puskesmas.

Pelaksanaan Penilaian Kinerja Puskesmas ini dilaksanakan oleh Tim kerja DInas Kesehatan yang ditetapkan oleh Kepala DInas Kesehatan melalui dua fase yaitu penilaian mandiri oleh puskesmas dan dilanjutkan dengan tim turun ke Puskesmas untuk menilai sesuai dengan instrumen yang ditetapkan sambil memperhatikan penilaian mandiri yang telah dilakukan puskesmas. Secara Umum beberapa puskesmas telah melaksanakan sistem manajemen dengan cukup baik, terutama puskesmas yang telah terakreditasi, namun yang membedakan nilai diantara puskesmas tersebut adalah hasil cakupan Indikator yang dihasilkan

Berikut adalah hasil Penilaian Kinerja Puskesmas tahun 2017 :

  1. Puskesmas Terbaik Utama adalah Puskesmas Sentani
  2. Puskesmas Favorit 2017 adalah Puskesmas Lereh
  3. Wilayah Pembangunan I
    • Terbaik I Puskesmas Sentani
    • Terbaik II Puskesmas Harapan
  4. Wilayah Pembangunan II
    • Terbaik I Puskesmas Depapre
    • Terbaik II Puskesmas Demta
  5. Wilayah Pembangunan III
    • Terbaik I Puskesmas Nimbokrang
    • Terbaik II Puskesmas Kemtuk
  6. Wilayah Pembangunan IV
    • Terbaik I Puskesmas Saduyap
    • Terbaik II Puskesmas Yapsi

Dengan hasil tersebut, maka Puskesmas Sentani berhak membawa hadiah Piagam Penghargaan serta 1 unit Komputer All in One Core I5.

 

Follow and Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *