Pertemuan Penyegaran Sistem Informasi Tuberkulosis (SITB)

Tuberkulosis atau TBC masih menjadi masalah kesehatan global hingga sekarang.  Sebagai penyakit menular, TBC menjadi pembunuh yang paling mematikan di dunia dan Indonesia merupakan Negara dengan beban Tuberkulosis ( TBC ) tertinggi ketiga di dunia. PermasaIahan semakin meningkat dengan munculnya TBC Resisten Obat.

Salah satu masalah kesehatan baik di Indonesia maupun di Dunia adalah Tuberculosis. Hasil inventory study tahun 2018 menunjukkan bahwa insidens kasus TBC di Indonesia mencapai 845.000 kasus. Diantara kasus baru tersebut , 442.000 kasus TBC (53%) dilaporkan kedalam system informasi tuberculosis terpadu (SITB), 245.000 kasus TB (29%) sudah diobati namun belum dilaporkan dan 155.000 kasus TB (18%) belum terjangkau dan terdeteksi. 

Di Propinsi Papua sendiri khususnya Kabupaten Jayapura penyakit Tuberkulosis masih menjadi salah satu masalah kesehatan yang terus dilakukan upaya-upaya penanggulangan, ditambah dengan munculnya kasus TB MDR yang mengalami peningkatan kasus untuk setiap tahunnya. Pada tahun 2019 Kabupaten Jayapura telah mengobati pasien TBC sebanyak 1048 pasien dengan succes rate sebesar 75,38 %, pada tahun 2020 terdapat 690 pasien TBC dengan Succes Rate 53,3 % dan tahun 2021  jumlah pasien TBC yang terlapor ke SITB sebanyak 760 kasus atau 48,42 %  dari perkiraan 1.717 pasien TBC atau 85 %.  Juga terjadi  peningkatan kasus TB MDR, yaitu pada tahun 2020 kasus TB MDR sebanyak 19 kasus atau sekitar  38 % dan untuk tahun 2021 sebanyak 35 kasus atau sekitar 70 %. Dengan banyaknya pasien TBC dan TBC MDR yang menjalani pengobatan di kabupaten Jayapura maka perlu adanya pengawasan dan evaluasi yang baik yang dilakukan oleh TIM TB di layanan RS maupun layanan fasyankes. Untuk mengetahui pencatatan dan pelaporan yang baik, kita bisa mengetahui dari sistem pencatatan dan pelaporan secara manual maupun secara online (SITB)

Dengan demikian maka perlu dilakukan monitoring dan evaluasi yang baik dari TIM TB dilayanan, dalam hal ini yang melibatkan juru TB, dokter dan PJ Farmasi.

Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, mengadakan pertemuan penyegaran SITB bagi petugas TB dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan petugas dalam menggunakan dan mempraktekkan teknologi dan informasi, meningkatkan kemampuan dalam pencatatan dan pelaporan secara manual dan online. 

 

Latepost (Hotel Horex Sentani, 25-26 Oktober 2022)

#PromosiKesehatan

#DinasKesehatanKab.Jayapura

 

 

Follow and Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.