Sentani-  Kabupaten Jayapura mendapat penghargaan berupa sertifikat eleminasi filariasis dari Kementerian Kesehatan RI. Penghargaan diterima langsung Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, pada momen pelaksanaan Rapat Kerja Nasional Kesehatan 2020, yang diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto, di Jakarta Internasional Expo Convention Center, Kemayoran Jakarta Pusat, Rabu (19/2/2020).

Usai menerima sertifikat tersebut, Bupati Awoitauw mengatakan penghargaan tertinggi di bidang kesehatan ini merupakan upaya dan kerja keras yang telah dilakukan oleh para tenaga medis di Kabupaten Jayapura selama bertahun-tahun untuk mengeliminasi penyakit filariasis atau kaki gajah.

Dikatakan, secara nasional sudah banyak penghargaan yang diterima oleh Kabupaten Jayapura, oleh sebab itu, sebagai kepala daerah dirinya sangat mengapresiasi kinerja para tenaga medis di Kabupaten Jayapura secara khusus tetapi Papua pada umumnya.

“Bukan sesuatu hal yang tidak mungkin, apabila pekerjaan dilakukan dengan sungguh-sungguh dan dengan hati, maka kesuksesan akan datang dengan sendirinya. Oleh sebab itu, teruslah bekerja sebagai pelayan kesehatan di Bumi Khena Mbai Umbai,” ujar Bupati Awoitauw.

Proses Pelaksanaan Eliminasi Filaria DI Kabupaten jayapura telah dimulai sejak tahun 2013 dengan program minum obat secara serentak di Kabupaten jayapura selama 5 tahun. Setelah itu, dilakukan proses TAS/ verifikasi sebanyak 3 kali oleh Kementrian Kesehatan melalui BTKL ambon bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura dengan menghasilkan Kabupaten jayapura bebas Filaria. Hal ini merupakan perjalanan panjang yang patut disyukuri oleh semua Masyarakat Kabupaten jayapura program yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik.

Follow and Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *