Kegiatan Penyediaan Layanan Kesehatan Untuk UKM dan UKP Rujukan Tingkat Daerah Kabupaten/Kota di Kabupaten Jayapura

Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura menggelar kegiatan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dalam rangka penyediaan layanan kesehatan untuk UKM dan UKP rujukan tingkat daerah kabupaten/kota.

Kegiatan Sosialisasi Germas dilaksanakan di dua distrik yaitu Distrik Nimboran (21 Maret 2022) dan Distrik Waibu (28 Maret 2022).

Peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari aparat kampung, tokoh perempuan dan pemuda, kader posyandu, guru dan petugas kesehatan.

Germas merupakan suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Gerakan Hidup Sehat yang dimaksud adalah :

  1. Peningkatan aktivitas fisik ;
  2. Peningkatan perilaku hidup sehat;
  3. Penyediaan pangan sehat dan percepatan  perbaikan gizi;
  4. Peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit;
  5. Peningkatan kualitas lingkungan;
  6. peningkatan edukasi hidup sehat.

Tujuan dari Germas yaitu (a) menurunkan beban penyakit, (b) menurunkan beban biaya pelayanan kesehatan, (c) meningkatkan produktivitas penduduk dan (d) menekan peningkatan beban finansial masyarakat untuk pengeluaran kesehatan.

Semoga sosialisasi ini memberikan wawasan kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Jayapura agar sadar, mau dan mampu berperilaku hidup sehat.

 

Late Post (Maret 2022)

 

 

 

 

 

 

Follow and Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.