Sentani- Surat yang ditunggu-tunggu sebagai hasil survey akreditasi Puskesmas untuk tahun 2017 telah dikeluarkan Kementrian Kesehatan RI pada tanggal 23 Maret 2018 dengan No. TU.01.03/VI.14/227/2018 tentang Pemberitahuan Status Akreditasi Puskesmas untuk Provinsi Papua yang menyebutkan bahwa Puskesmas Genyem, Puskesmas Sentani, Puskesmas Kanda, Puskesmas Nimbokrang dan Puskesmas Demta dinyatakan terkareditasi oleh Kementrian Kesehatan RI melalui Komisi Akreditasi FKTP.

Perjuangan panjang dalam mempersiapkan Puskesmas menjadi Puskesmas yang terakreditasi telah dilalui masing-masing puskesmas di tahun 2017. Dengan menggunakan dana DAK Non Fisik tahun 2017 beberapa proses dilakukan oleh Tim pendamping Kabupaten Jayapura untuk mendukung proses terakreditasinya puskesmas tersebut. Proses dimulai dengan Workshop ke Puskesmas, Pertemuan untuk dukungan Pelaksanaan persiapan akreditasi dengan lintas sektor, Self Assesment, Pendampingan Akreditasi oleh Tim Kabupaten Jayapura, Penyusunan elemen-elemen Penilaian, sampai dengan survey oleh SUrveyor Pusat dijalani sampai akhirnya diputuskan status akreditasinya.

Sesuai arahan melalui Peraturan Menteri Kesehatan No. 46 tahun 2016 tentang Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktek mandiri Dokter Gigi, juga Peraturan menteri Kesehatan No. 75 tahun 2014 tentang Puskesmas menyebutkan bahwa akreditasi bertujuan untuk:

  1. Meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien
  2. Meningkatkan perlindungan bagi SDM Kesehatan , masyarakat dan lingkungannya,

 

3. Meningkatkan kinerja pelayanan puskesmas baik pelayanan kesehatan perorangan dan/atau kesehatan           masyarakat.

Dengan ditetapkannya hasil survey Akreditasi tersebut diatas maka Kabupaten Jayapura telah memiliki 7 Puskesmas terakreditasi dari 20 Puskesmas yang dimiliki yaitu :

  1. Puskesmas Harapan; Akreditasi Madya (Tahun 2016)
  2. Puskesmas Dosay; AKreditasi Dasar (Tahun 2016)
  3. Puskesmas Genyem; AKreditasi Dasar (Tahun 2017)
  4. Puskesmas Sentani; AKreditasi Dasar (Tahun 2017)
  5. Puskesmas Kanda; AKreditasi Dasar (Tahun 2017)
  6. Puskesmas Demta; AKreditasi Dasar (Tahun 2017)
  7. Puskesmas Nimbokrang; AKreditasi Madya (Tahun 2017)

Tahun 2018, sedang menunggu pelaksanaan Survey untuk Puskesmas Depapre dan pada tahun ini juga sedang dalam proses penyiapan akreditasi bagi Puskesmas Namblong, Puskesmas Lereh, Puskesmas Sawoy dan Puskesmas Kemtuk

Follow and Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *