Hulu Atas– Puskesmas Airu  terletak di DIstrik Airu, merupakan Puskesmas non Rawat Inap yang melayani DIstrik terjauh pada Kabupaten Jayapura dengan wilayah kerja pada Kampung Muara Nawa, Kampung Hulu Atas dan Kampung Aurina. Jumlah Penduduk Airu sesuai data Pusdatin tahun 2018 sebanyak 472 Jiwa, Waktu tempuh dari Sentani ke Kampung Hulu Atas sebagai ibu kota Airu dengan menggunakan kendaraan Roda 4 Doiuble Gardan selama kurang lebih 8-9 jam perjalanan. Perjalanan ini melintasi Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom.  Puskesmas Airu menjadi salah satu prioritas pembangunan kesehatan termasuk pelayanan Imunisasi.

Puskesmas Airu dengan Jumlah tenaga kesehatan 10 orang, berusaha memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat termasuk layanan imunisasi Measless, Rubella dan Polio (MRP) yang dicanangkan beberapa waktu lalu oleh Wakil Bupati Jayapura di Sentani. Dengan target anak-anak yang wajib di imunisasi MRP sebanyak 122 anak, Tenaga Kesehatan di Airu mulai bekerja mengunjungi sekolah-sekolah, dan memberikan pelayanan imunisasi di Posyandu.

 

Keterbatasan tidak menghalangi tenaga kesehatan disana untuk mencapai target layanan imunisasi MRP yang dilaksanakan sejak bulan agustus hingga september 2018. DIstrik Airu pun tidak lepas dari pemantauan DInas Kesehatan Kabupaten Jayapura dalam usaha untuk mencapai target imunisasi MRP. melalui DPA 2018, DInas Kesehatan telah mengalokasikan Sweeping imunisasi MRP di Distrik Airu guna mendukung tenaga kesehatan Puskesmas Airu dalam memberikan layanan Imunisasi MRP tersebut. Pada tanggal 27 Agustus 2018, Tim DInas Kesehatan Kabupaten Jayapura melalui Program Imunisasi melakukan pelayanan imunisasi MRP bersama tenaga kesehatan Airu ke kampung-kampung guna menjangkau lebih banyak anak-anak agar mendapat imunisasi MRP.

Imunisasi MRP ini sangat penting, walaupun adalah program nasional yang ditetapkan Kemenkes RI untuk dikerjakan Provinsi Papua di tahun 2018, Imunisasi ini diberikan agar anak-anak memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit campak dan rubella serta mencegah Polio yang pada saat yang sama melanda Papua New Guinea (PNG)

Hasil yang dicapai baik oleh tenaga kesehatan airu dan tim dinas kesehatan dalam pelaksanaan imunisasi MRP adalah dapat mengjangkau 162 anak sehingga secara kumulatif, Distrik Airu telah mencapai 100 % dan data tersebut telah dikirim ke Provinsi Papua.

Kondisi Geografis memang menjadi salah satu faktor penghambat pelaksanaan program ini, namun dengan kerja keras tenaga kesehatan setempat serta keinginan dalam memberikan layanan imunisasi kepada anak-anak disana membuat keadaan ini dapat ditaklukkan dengan strategi dan kerjasama yang baik.

Semoga dengan tercapaianya hasil baik ini, diharapkan anak-anak di wilayah kerja Puskesmas Airu dapat memiliki kekebalan tubuh yang baik terhadap penyakit campak, Rubella dan Polio.

(Suasana Imunisasi MRP)

Follow and Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *